Rabu, 04 Januari 2017

Object Oriented Programming (OOP)

Object Oriented Programming (OOP) atau pemrograman berorientasi object adalah cara pandang pemrograman yang berorientasikan pada object, atau bisa dibilang OOP adalah pemrograman yang berkonsep dengan memandang segala suatu merupakan sebuah object yang mana semua data dan fungsi dibungkus didalam sebuah class.

class ini merupakan blueprint dari sebuah Object Contoh analogi adalah semisal kita punya kucing, namanya kucing itu jono, warna bulunya adalah hitam, warna mata adalah putih, jumlah kaki ada 4 dan dia bisa berjalan, makan, minum, dll.

 yang dimaksud class adalah kucing tersebut, sedangkan data adalah atributnya (hal-hal yang dimiliki) warna mata putih, jumlah kaki ada 4, warna bulunya hitam, nama kucingnya jono sedangkan fungsi/methodnya (hal yang dapat dilakukan) dia dapat berjalan, makan, minum dll.

mungkin penjelasan diatas kurang, ini aku kan jelaskan yang lebih baik lagi. Apa itu Object? sebuah object adalah kumpulan dari variabel dan fungsi yang dibungkus menjadi satu entitas. Object memiliki 2 elemen utama:

  • Attributes atau Properties : yaitu nilai-nilai yang tersimpan didalam sebuah object yang secara tidak langsung menentukan karakter dari object tersebut.
  • Method : yaitu aksi yang akan dijalankan atau dikerjakan oleh object tersebut
Apa itu Class?
Class didefinisikan sebagai blueprint dari sebuah object yang mana dari class inilah lahirnya object-object tersebut, dan di class ini variabel dan method umum didefinisikan. sebagai contoh cara mendefinisikan sebuah class pada bahasa pemrograman PHP:

pada gambar diatas merupakan contoh bagaimana cara mendefinisikan class dengan menggunkan bahasa pemrograman PHP. class yang didefinisikan adalah class kucing dan untuk mengisi variabel dan methodnya dengan menuliskannya didalam kurung kurawa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar